Dasar Pemikiran

Bahwa Demokrasi adalah merupakan dasar hidup bernegara yang menempatkan rakyat dalam posisi berkuasa (government or role by people) sehingga pada tingkat terakhir rakyat memberikan ketentuan mengenai kehidupannya, termasuk dalam menilai kebijaksanaan negara karena kebijaksanaan tersebut menentukan kehidupan rakyat. Demokrasi dapat dijustifikasikan sebagai government of, by, and for people.
Bahwa Ketahanan Nasional merupakan kondisi kemampuan dan kekuatan bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidup dan mengembangkan kehidupan Nasional Bangsa dan Negara dalam mencapai tujuan Nasional menuju kejayaan Bangsa dan Negara.
Bahwa Konsepsi dasar Ketahanan Nasional adalah perangkat hubungan bidang-bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung di atas bumi ini dengan memanfaatkan segala kekayaan alam yang dapat dicapai dengan menggunakan kemampuannya. Konsepsi ini meliputi 8 unsur atau aspek (Asta gatra) kehidupan Nasional, terdiri dari 3 aspek (tri gatra) kehidupan alamiah, yaitu: 1) Gatra letak dan kedudukan geografi, 2) Gatra keadaan dan kekayaan alam, 3) Gatra keadaan dan kemampuan penduduk. Lima aspek (Panca gatra) kehidupan Sosial yaitu gatra Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, dan Hankam.
Bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan lembaga yang memiliki peran strategis untuk melakukan pengembangan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan program Tri Darma Perguruan Tinggi.
Bahwa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang memiliki Peran Tri Darma Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab untuk menanggapi perkembangan dan dinamika kehidupan bernegara, HAM dan masyarakat, maka harus diletakkan dalam kontek intelektual, moral, dan pengabdian kepada masyarakat, perguruan tinggi sekaligus sebagai bagian dari warga bangsa Indonesia di tengah-tengah pergaulan internasional, dirasa perlu untuk membantuk Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional yang selanjutnya disingkat “Pusdem Tanas”.
Bahwa Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdem Tanas) merupakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Demokrasi dan Ketahanan Nasional yang pertama di Indonesia dengan lingkup kajian sesuai dengan peran Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.